Macam-macam soal IELTS Writing Task 2

Artikel ini akan memaparkan macam-macam soal IELTS writing task 2 dengan cara paling efektif untuk mempermudah pengguna mavisenglish.com mendapatkan IELTS band 7.0. atau lebih.

Macam-macam soal IELTS writing task 2

Poin penting untuk merancang esai adalah mengetahui terlebih dahulu macam-macam soal yang disuguhkan di IELTS writing task 2. Seperti pemburu yang harus mengetahui gerak-gerik musuhnya, mengetahui macam-macam soal IELTS writing task 2 terlebih dahulu akan memudahkan kita untuk menjawab dan berpikir.

Kebanyakan, orang memisahkan soal IELTS dengan bentuk soalnya, seperti soal advantage/disadvantage, cause/effect, agree/disagree dsb. Meskipun tidak salah, cara tersebut kurang sederhana.

Setuju dengan Jesica Alperne & Peter Swires, macam-mcam soal IELTS writing task 2 secara sederhana dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu soal opini (opinion) dan ide (ideas) atau opini dan non-opini. Pemisahan ini akan mempermudah kita untuk menentukan struktur tulisan dan merancang esai IELTS writing task 2. Berikut adalah perbedaannya.

Esai soal opini

Esai opini, sebagaimana namanya, mengharuskan kita untuk memberikan pendapat pribadi tentang satu kasus tertentu. Terdapat dua model soal opini:

  1. Di antara dua pendapat

Dalam model ini, IELTS akan menampilkan dua pendapat yang bertentangan tentang satu kasus, misal antara pendapat yang mendukung bahwa mahasiswa bebas memilih jurusan dan pendapat yang setuju bahwa mahasiswa harus memilih jurusan IPTEK .

Tugas kita dalam model ini adalah menjelaskan kedua sisi dan menunjukkan posisi kita dalam pertentangan tersebut. Dalam IELTS, model ini diwakili dengan perintah “discuss both these views and give your own opinion (diskusikan kedua pandangan-pandangan ini dan beri pendapatmu).” Sesuai perintahnya, kita bisa menyebut esai untuk soal ini dengan esai diskusi dengan pendapat (discussion with opinion essay).

Contoh soal:

  • Some people think that all university students should study whatever they like. Others believe that they should only be allowed to study subjects that will be useful in the future, such as those related to science and technology.
    Discuss both these views and give your own opinion. (Cambridge IELTS 10: 55)

*Catatan: Dari semua macam-mcam soal IELTS writng task 2, berdasarkan pengalaman peserta-peserta dan survei buku latihan IELTS CAMBRIDGE, model soal ini adalah yang paling sering muncul. Nantinya, kita akan lebih sering berlatih dengan format ini.

  1. Tentang satu pendapat atau kondisi

Berbeda dari sebelumnya, dalam model ini hanya ada satu hal yang disajikan. Hal tersebut dapat berupa pendapat atau kondisi:

  1. Kondisi

Kondisi adalah pernyataan tentang satu keadaan, seperti “menghukum anak”, atau “museum berbayar.” Tugas kita adalah menjelaskan dua sisi yang muncul dari kondisi tersebut dan menunjukkan opini kita tentang sisi mana yang lebih dominan.

Dua sisi tersebut adalah tentang apakah kondisi tersebut menguntungkan/positif atau merugikan/negatif.

Umumnya, model ini diwakili dengan pertanyaan:

  • do the advantages of this outweight the disadvantage?(apakah keuntungan dalam kondisi ini melebihi kerugiannya?);” atau

  • do you think this is positive or negative? (menurutmu, apakah kondisi ini positif atau negatif?)”

Karena tujuannya untuk menunjukkan tingkat keuntungan atau kepositifan sesuatu, esai dengan pertanyaan-pertanyaan ini bisa disebut esai keuntungan-kerugian dengan pendapat (advantage-disadvantage with opinion essay).

  1. Pendapat

Pendapat adalah satu klaim tentang satu masalah, seperti “menghukum anak secara fisik dapat membuatnya menjadi pribadi yang baik saat dewasa.” Tugas kita pada model ini adalah menunjukkan argumen-argumen mengapa kita setuju atau tidak setuju pada pendapat yang disuguhkan, tanpa perlu menunjukkan kedua sisi seperti sebelumnya.

Dalam IELTS, model ini diwakili dengan pertanyaan:

  • “to what extent do you agree or disagree with this opinion? (sejauh mana kamu setuju atau tidak setuju dengan pendapat ini).”

Biasanya orang menyebutnya dengan esai opini. Namun, lebih tepat sebagai esai setuju- tidak setuju (agree-disagree essay).

Contoh soal:

  • Many museums charge for admission while others are free.
    Do you think the advantages of charging people for admission to museums outweigh the disadvantages? (Cambridge IELTS 10: 102)

  • Some people believe that unpaid community service should be a compulsory part of high school programmes (for example working for a charity, improving the neighborhood or teaching sports to younger children).
    To what extent do you agree or disagree? (Cambridge IELTS 9: 54)

*Tips: kadang, pertanyaan tentang keuntungan dan positivitas juga berbentuk pendapat. Misal pada Cambridge 9 (31).

  • Some experts believe that it is better for children to begin learning a foreign language rather than secondary school.
    Do the advantages of this outweigh the disadvantage?

Jawab pertanyaan seperti itu dengan tetap fokus pada kondisi yang disuguhkan, yakni “children to begin learning a foregin language rather than secondary school”.

Esai ide

Esai ide, di tempat lain, mengharuskan kita memberikan fakta atau gagasan atas suatu topik. Berbeda dengan sebelumnya, jenis lain dari macam-macam soal IELTS writing task 2 ini hanya meminta IELTS takers menjelaskan apa yang diminta tanpa harus memilih mana yang lebih baik di antara dua pendapat, atau apakah suatu kondisi memiliki konsekuensi baik atau buruk (opini).

Terdapat dua model esai ide:

  1. Di antara dua pendapat

Dalam model ini, mirip dengan model pada soal opini, IELTS menginginkan kita untuk menjelaskan dua pandangan yang bertentangan atau berbeda.  Macam-macam soal IELTS writing task 2 ini cukup mirp dengan model di antara dua pendapat soal opini. Tugas kita adalah memberikan penjelasan terhadap kedua pandangan yang ditanyakan saja.

Kita tidak boleh menunjukkan opini kita bahwa salah satu lebih baik dari yang lain atau jalan tengan adalah jalan terbaik. Perintah pertanyaan dalam macam soal ini adalah:

  • “discuss both views (diskusikan pandangan-pandangan ini).

Esai ini bisa kita sebut esai diskusi tanpa opini (discussion without opinion). Contoh:

  • Some people view teenage conflict with their parents as a necessary part of growing up whilst others see it as something negative which should be avoided.
    Discuss both views. (dimodifikasi dari Brown & Lewis: 39)

  1. Tentang kondisi

Sekali lagi, macam pertanyaan ini cukup mirp dengan model di soal opini, yakni tentang esai keuntungan-kerugian (Advantage-disadvantage with opinion) dengan pendapat di model tentang kondisi. Bedanya, dalam macam-macam soal IELTS writing task 2 ini kita hanya perlu menjelaskan keuntungan/kerugian atau positif/negatif

Tidak disarankan untuk menunjukkan apakah keuntungan lebih besar dari kerugian. Perintah pertanyaan dalam macam soal ini adalah:

  • discuss the advantages and disadvantages of this (diskusikan keuntungan dan kerugian dari kondisi ini).”

Esai ini akan kita sebut esai keuntungan-kerugian saja (advantage-disadvantage essay)

Contoh soal:

  • Discuss the advantages and disadvantages of working from home. (dimodifikasi dari Brown & Lewis: 43)

  1. Pertanyaan terbuka

Model ini adalah khas dari model soal ide. Dalam model ini, IELTS menanyakan hal-hal yang berhubungan atas satu kondisi. Berikut adalah hal-hal yang sering ditanyakan:

  1. Penyebab (causes) (factors);

  2. Solusi (solutions);

  3. Masalah (problems);

  4. Akibat (effects);

  5. Pertanyaan terbuka lain.

Sebagaimana soal ide sebelumnya, dalam menjawab model ini, kita tidak perlu menunjukkan mana yang lebih baik. Cukup jelaskan apa yang diminta. Biasanya, soal dalam pertanyaan ini memiiki paling tidak dua poin dengan urutan tidak tentu, seperti penyebab dan solusi, atau masalah dan akibat, atau penyebab, dan pertanyaan terbuka lain.

Umumnya, orang menamai esai untuk soal ini sesuai dengan soal yang keluar seperti esai penyebab-solusi (cause-problem essay) atau esai masalah solusi (problem-solution essay). Karena pasangan soal ini dapat berbeda-beda, kita akan menyebutnya dengan esai pertanyaan terbuka (open question) bergantian dengan sebutan umumnya.

Contoh soal:

  • In some countries, the average weight of people is increasing and their levels of health and fitness are decreasing.
    What do you think are the cause of these problems and what measures could be taken to solve them? (Cambridge IELTS 8: 102)

Berikut adalah bagan mudah dari macam-macam soal IELTS. Mengetahui macam-macam ini akan mempermudah kita untuk merancang esai IELTS writing task 2 kita.

[Gambar Organisasi macam-macam soal IELTS task 2]

Penutup

Nah, bagaimana menurut kalian? sudahkah melihat macam-macam soal IELTS writing task 2 dengan lebih jelas? Intinya, pahami pertanyaannya, dan lihat apakah soal masuk dalam kategori soal opini atau ide.

Langkah berikutnya, saya menyarankan agar teman-teman IELTS takers membaca artikel tentang struktur esai IELTS writing task 2 untuk mengetahui bagaimana aplikasinya dalam IELTS writing task 2.

One Thought on “Macam-macam Soal IELTS Writing Task 2”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *