Forget atau Forgot

Sering kali banyak pengguna bahasa Inggris yang terkecoh dengan pemakaian kata “forgot” dan “forget” dalam kalimat percakapan sehari-hari. Hal ini dikeranakan kita sering melupakan sesuatu pada masa lalu tetapi baru mengingat bahwa kita lupa pada masa sekarang.

Dengan demikian, to forget digunakan dengan present atau past tense? 

Berikut ini Mavis memberikan penjelasan singkat tentang perbedaan penggunaan kata “forget” dan “forgot” dilengkapi dengan contoh kalimat.

A. “forget

Digunakan jika:

  1. Subjek lupa dan masih lupa (static verb)

Contoh: “I forget where my key is.“’

  1. Subjek sering lupa (dynamic verb)

Contoh: “I usually forget my key.”

B. “forgot

Digunakan jika:

Melupakan sesuatu di masa lalu

Contoh: “I forgot my key this morning.”

Melihat contoh di atas, jelas bahwa, jika kita melupakan sesuatu sekarang, dan masih lupa, kita menggunakan to forget dengan Present Tense, atau dengan kata lain forget.

Kita menggunakan Simple Present Tense karena to forget berfungsi sebagai static verb. Sebagaimana to think dan to feel, kita tidak menggatakan I am thinking untuk menunjukkan apa yang kita pikirkan.

Namun, jika kita lupa di masa lalu, gunakan to forget dengan Past Tense, atau dengan kata lain forgot. Saat kita menggunakan to forgot kita menekankan keadaan saat kita lupa di masa lalu.

Jadi, saat menggunakan to forgot, penekannyanya bukan apakah kita masih melupakan hal yang kita lupakan atau tidak.

Contoh Kalimat

A: I forgot my key this morning.

B: Have you found it?

A: Yes, it was on the TV.

A: No, I have not found it. I still forget. (Jika belum ketemu)

Sangat sederhana, bukan? Nah, apabila sahabat Mavis memiliki pertanyaan lain seputar bahasa Inggris, silahkan kirim pertanyaan dan kebingungannya di kolom komentar atau melalui tweet ke @mavisenglish_ atau pesan via Instagram @mavis_english agar pikiranmu bisa tercerahkan melalui jawaban yang diberikan!

NB 1

Ada sahabat Mavis yang bertanya, bisakah kita menggunakan to forget dengan Present Perfect Tense.

Jawabannya: Sangat boleh! Artinya sama seperti menggunakan to forget dengan Past Tense. Namun, saat kita menggunakan have/has forgotten, penekannya adalah fakta bahwa kita pernah melupakan sesuatu.

Contoh:

A: How’s your ex-girlfriend doing?

B: Sorry, I have forgotten her.

NB 2

Sahabat Mavis ada yang bertanya lagi, mengapa kita menggunakan to forget dengan Simple Present Tense? Dan bukan Simple Continuous Tense walaupun kita melupakannya sekarang?

Hal itu karena, kita sedang lupa atas sesuatu dan bukan sedang melupakan sesuatu. Kita menggunakan Simple Continuous Tense untuk arti yang kedua, sedang melupakan sesuatu, dan bukan yang pertama, sedang lupa atas sesuatu.

Dalam bahasa Inggris, hal ini disebut perbedaan antara static dan dynamic verb.

Ini seperti perbedaan antara I think dan I am thinking. Yang pertama artinya pemikiran kita atas sesuatu, yang kedua artinya kita sedang memikirkan sesuatu.

JIka masih belum jelas, sahabat Mavis dapat melihat pembedaan antara static dan dynamic verb di sini.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *