adjective

Dalam bahasa Indonesia, sering sekali kita menggambarkan seseorang atau sesuatu dengan kata-kata sifat seperti:

Dina adalah anak yang nakal

Atau

Pemandangan itu indah

Dalam bahasa Inggris, bagaimana kata-kata sifat itu digunakan? Dalam bahasa Inggris, kata-kata sifat seperti nakal dan keras biasa disebut dengan adjective.

Artikel ini akan membantu Mavis readers untuk mengetahui apa itu adjective atau kata sifat dan bagaimana menggunakannya dalam IELTS.

Bentuk umum

Dalam tata Bahasa Inggris, adjective atau kata sifat merupakan kata keterangan yang digunakan untuk menggambarkan noun (kata benda) dan pronoun (kata ganti). Contoh kata-kata sifat adalah kata-kata seperti young (muda), old (tua), rich (kaya), beautiful (cantik), cokelat (brown), dan modern (modern). Kata sifat, karenanya, berfungsi untuk memberikan informasi tambahan yang spesifik dari kata benda yang biasanya bersifat umum.

Untuk memudahkan mengetahui kata sifat dan perbedaanya dengan kata benda, perhatikan contoh berikut (Azar, 2009:17):

“Dina is a diligent employee.”

(Dina adalah seorang pegawai yang rajin)

Pada contoh tersebut dapat dilihat bahwa kata diligent sebagai kata sifat memberikan makna tambahan dan spesifik bagi employee sebagai noun (kata benda}, yakni pegawai yang rajin. Tanpa kata diligent, kita tidak akan mengetahui apakah Dina adalah seorang employee (pegawai) yang rajin atau tidak. Kita hanya tahu bahwa Dina adalah pegawai.

Formasi kata sifat

Dalam penggunaanya, adjective (kata sifat) dapat muncul di antara tiga formasi berikut:

  1. Sebelum noun (kata benda)

Dalam formasi ini, adjective (kata sifat) berfungsi untuk menjelaskan noun (kata benda) secara lebih spesifik dan ditempatkan sebelum noun (kata benda).

Misal, untuk menjelaskan pegawai yang tidak rajin dan malas-malasan, kita menggunakan adjective (kata sifat) lazy (malas) sebelum noun (kata benda) employee (pegawai), sehingga menjadi lazy employee.

Untuk menjelaskan pegawai yang perangainya cocok dengan perusahaan dan koleganya, kita menggunakan kata sifat good sebelum kata benda employee, sehingga menjadi good employee.

  1. Setelah linking verb (kata kerja penghubung)

Dalam formasi ini, adjective (kata sifat) berfungsi untuk menjelaskan subjek atau kata gantinya (pronoun) secara lebih spesifik. Dalam formasi ini, adjective (kata sifat) ditempatkan setelah linking verb (kata kerja penghubung), seperti am, is, are, atau seems, dan feel.

Contoh penggunaan kata sifat dalam formasi ini adalah

“Ani and Ina are beautiful.”

(Ani dan Ina itu cantik)

“they are beautiful.”

(Mereka itu cantik)

Berbeda dari sebelumnya, tidak ada noun (kata benda) pada contoh tersebut. Namun, adjective (kata sifat) tetap dapat dipakai karena berfungsi untuk menjelaskan bahwa subjek Ani dan Ina atau pronoun (kata ganti) they (mereka) itu cantik.

Pada formasi ini, adjective (kata sifat) juga dapat menjelaskan noun (kata benda) bahkan setelah linking verb (kata kerja penghubung). Sesuai contoh sebelumnya, kita dapat menambahkan kata benda girls (gadis) sehingga menjadi

“Ani and Ina are beautiful girls.”

(Ani dan Ina itu cantik)

. “they are beautiful girls.”

(Mereka itu cantik)

Dengan demikian, contoh di awal artikel adalah contoh dari adjective (kata sifat) dengan formasi ini.

  1. Sebelum kata benda dan setelah kata kerja penghubung

Dalam formasi ini, kita menggunakan gabungan kedua contoh sebelumnya dan menjadikan kalimat kita lebih kompleks. Dengan demikian, kita memiliki dua adjective (kata sifat) dalam satu kalimat, yakni sebelum noun (kata benda) dan setelah linking verb (kata kerja penghubung).

“The modern country is collapsed.”

(Negara modern telah runtuh)

Pada contoh tersebut, fungsi adjective (kata sifat) modern adalah untuk menjelaskan country dan kata sifat collapsed menjelelaskan modern country.

Tidak berhenti di sana, dengan formasi ini, kita juga dapat membuat kalimat dengan dua (adjective) kata sifat yang menjelaskan (noun) kata bendanya masing-masing. Contoh kombinasi tersebut adalah:

“The modern country is unfair imagination.”

(Negara modern adalah imajinasi yang tidak adil)

Pada contoh tersebut, adjective (kata sifat) fungsi kata sifat modern adalah untuk menjelaskan country dan kata sifat unfair utnuk menjelelaskan modern country.

Kesalahan Umum: tidak ada s

Hal penting yang perlu diingat adalah bahwa dalam adjective atau kata sifat tidak ada pertimbangan tunggal atau jamak sehingga tidak perlu ada penambahan –s atau es sebagaimana dalam verb atau kata kerja dan noun atau kata benda. Sebagai contoh:

Ani and Ina are beautifuls

adalah contoh yang salah. Kalimat yang benar adalah

Ani and Ina are beautiful (tanpa s)

Namun, kadang kita menemukan pertimbangan tunggal dan jamak meskipun terdapat kata sifat, seperti pada pendambahan kata “a” pada “a beatutiful teacher”. Pertimbangan itu dibuat bukan untuk kata sifat melainkan untuk kata benda. Perhatikan contoh berikut:

Luci is a beautiful teacher

(Luci adalah seorang guru yang cantik)

Beautiful adalah adjective (kata sifat), dan

Teacher adalah noun (kata benda).

Kata “seorang” (a) merujuk pada kata “guru” atau “teacher” bukan “cantik” atau “beautiful”. Contoh kalimat tersebut merupakan penggunaan kata sifat yang tepat karena sesuai dengan aturan bahwa yang tunggal adalah “guru” dan bukan “cantik”.

Perhatikan contoh lain:

“She writes on 10 red postcards every single day.”

(Dia menulis 10 kartu pos merah setiap hari)

Red adalah adjective (kata sifat), dan

Postcards adalah noun (kata benda) jamak

“Postcards” (dengan s) menunjuk pada 10 kartu pos dan bukan pada red (merah). Contoh kalimat tersebut menempatkan adjective (kata sifat) dengan tepat karena sesuai dengan aturan bahwa yang jamak adalah “kartu pos” bukan “merah”.

Penutup

Begitulah arti, bentuk, dan penggunaan dari adjective (kata sifat). Intinya, kata sifat memberikan informasi spesifik pada noun (kata benda) dan (kata ganti). Bagaimana mudah bukan?

Langkah selanjutnya

Setelah ini, teman-teman dapat membuka artikel ini untuk mengetahui apa itu adverb (kata keterangan).

Sumber:

Azar Betty Schrampfer. 1999. Understanding and Using English Grammar 3rd ed. New York: Springer.

Latihan 1: Tentukan adjective (kata sifat) pada masing-masing kalimat di bawah ini:

  1. Marry waited impatiently for the difficult appointment
  2. Mr. Bambang carefully repaired the car with his mechanical tools
  3. On especially busy days, Mrs. Robana’s office telephone rings constantly.
  4. A terrible accident happen extremely rare on the empty road
  5. A baby laughed brightly in the front seat in the basketball stadium this afternoon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *